Kemas Samawi Multiproduction

Kerukunan Masyarakat Seni Samawa Ano Rawi... Seni, Budaya, Sejarah, Pariwisata, dan Pendidikan Samawa

Sabtu, Mei 30, 2009

BAB 8

MENCERITAKAN PENGALAMAN

1. Begitu berhasil menyelesaikan siaran, Indy dan Farhan langsung melepas hand set, kemudian keduanya langsung berpelukan.
Tidak ada kata-kata yang terucap, kecuali air mata bahagia yang melelh di pipi Indy. Farhan tampak terharu karena tidak menyangka bisa memecahkan rekor siaran 32 jam nonstop.
Hal yang diungkap dalam paragraf di atas adalah pengalaman ......
a. menyedihkan
b. berkesan
c. menyenangkan
d. biasa saja
e. menyakitkan
2. Sepulang sekolah di sebuah angkot, seorang wanita tiba-tiba mengangkat HP merek-X. Setelah wanita tersebut selesai melakukan percakapan lewat telpon, seorang bapak di sebelahnya berkata, “Eh, HP-nya sama dengan punya saya?” Tiba-tiba satu per satu penumpang mengeluarkan HP dengan merek yang sama. Saya pun mengeluarkan HP yang sama. Seorang menyeletuk, “Yah, namanya juga HP sejuta umat”. Semua penumpang tertawa.
Penggalan cerita pengalaman di atas termasuk cerita pengalaman ......
a. lucu
b. haru
c. sedih
d. gembira
e. menakutkan


3. Cerita di atas mempunyai latar tempat di ......
a. sekolah
b. jalan
c. terminal
d. angkot
e. pasar
4. Pagi itu aku baru saja makan bubur sesaat sebelum bencana tsunami datang. Ibu sedang mencoba kerudung baru pemberian ayah. Ayahku bertugas di Jakarta, sedang aku dan ibuku menetap di Aceh. Kini aku hidup bersama ayah. Rasa luka di hati atas kehialngan ibu masih membekas hingga sekarang. Ibu hilang terseret arus. Aku dan ayah harus merelakan kepergian ibu.
Cerita pengalaman di atas termasuk pengalaman ......
a. lucu
b. sedih
c. menakutkan
d. gembira
e. bahagia

Label:

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda