Selasa, Mei 26, 2009

MEMPERKENALKAN DIRI DALAM FORUM RESMI

BAB 2

A. MEMPERKENALKAN DIRI DALAM FORUM RESMI

Pada bahasan ini, forum yang dimaksud adalah forum diskusi. Diskusi dipimpin oleh seorang moderator yang bertugas menciptakan dinamika berdiskusi, yaitu suasana diskusi yang hangat dan penuh keramah-tamahan. Diskusi kelompok yang penuh dinamika ditandai dengan keterlibatan peserta secara aktif dalam forum diskusi. Suasana seperti ini bisa terwujud jika moderator memiliki keterampilan berbicara yang baik sehingga mampu mengendalikan jalannya diskusi.
Salah satu keterampilan yang perlu dimiliki oleh moderator adalah kemampuan memperkenalkan diri. Hal seperti ini penting dilakukan sebab peserta diskusi tidak mungkin bisa terlibat secara aktif dalam forum diskusi apabila mereka tidak mengenal moderator.
Situasi memperkenalkan diri dalam forum diskusi berbeda dengan memperkenalkan diri kepada orang lain yang baru anda kenal dalam kehidupan sehari-sehari. Ketika tampil dalam forum diskusi, penampilan anda menjadi pusat perhatian orang banyak.


1. Mengucapkan kalimat Perkenalan

Sebelum diskusi dimulai, seorang moderator perlu memperkenalkan diri terlebih dahulu. Hal ini dimaksudkan agar peserta diskusi mengetahui jati diri dan latar belakang sang moderator, sehingga terjalin ikatan batin antara moderator dan seluruh peserta diskusi.

2. Menempatkan Jeda Yang Tepat

Hal lain yang harus diperhatikan ialah menempatkan jeda yang tepat. Jeda merupakan perhentian, baik jeda sementara maupun jeda tetap ketika anda sedang berbicara. Penempatan jeda sangat besar manfaatnya. Bagi moderator, jeda dapat digunakan untuk napas dan mengatur pembicaraan. Sedangkan bagi peserta, jeda dapat digunakan untuk meresapi, memikirkan, dan memahami hal-hal yang dikemukakan oleh moderator.
Selain jeda, moderator harus memperhatikan hal-hal berikut ini:
a. Tekanan berkaitan dengan keras lembutnya ucapan. Hal-hal yang penting perlu dilafalkan dengan keras, sedangkan bagian yang kurang penting dilafalkan dengan tekanan yang lembut.
b. Tempo berkaitan dengan cepat atau lambatnya ucapan. Tempo cepat digunakan untuk mengucapkan hal-hal yang kurang begitu penting, sedangkan hal-hal yang penting perlu di ucapkan dengan tempo lambat.
c. Nada berkaitan dengan tinggi rendahnya ucapan. Nada tinggi di gunakan untuk mengucapkan hal-hal yang penting, sedangkan hal-hal yang kurang penting bisa diucapkan dengan nada rendah.

1. Penempatan jeda yang betul dari kalimat berikut ini ialah ......
a. // Setelah tamat dari SMA / saya melanjutkan kuliah di Fakultas Sastra //
b. // Setelah tamat dari SMA saya / melanjytkan kuliah / di Fakultas Sastra //
c. // Setelah tamat / dari SMA saya / melanjutkan kuliah di Fakultas Sastra //
d. // Setelah tamat dari SMA / saya melanjutkan / kuliah di Fakultas Sastra //
e. // Setelah tamat / dari SMA saya melanjutkan kuliah di Fakultas Sastra //

2. Penulisan tempat dan tanggal penulisan surat lamaran pekerjaan berikut ini yang tepat adalah
a. Bandung 28 – 10 – 2006.
b. Bandung, 28 – 10 – 2006
c. Bandung, 28 oktober 2006.
d. Bandung, 28 Oktober 2006
e. Bandung, 28 Oktober 2006.

3. Pak Wahyu Wijayanto guru Bahasa Indonesia. Jika yang menjadi guru Bahasa Indonesia adalah Wijayanto, maka Penjedaan yang tepat adalah.
a. Pak Wahyu/guru Bahasa Indonesia
b. Pak/Wahyu/Wijayanto/guru Bahasa Indonesia.
c. Pak Wahyu/Wijayanto guru/Bahasa Indonesia.
d. Pak/Wahyu/Wijayanto guru Bahasa Indonesia.
e. Pak Wahyu/Wijayanto guru Bahasa Indonesia.

B. MEMPERKENALKAN ORANG LAIN DALAM FORUM

Pada halaman sebelum ini telah dijelaskan seorang moderator memperkenalkan dirinya sendiri. Kali ini, akan dijelaskan memperkenalkan orang lain dalam forum diskusi.

1. Mengucapkan Kalimat Perkenalan

Setelah sang moderator memperkenalkan dirinya sendiri, kemudian memperkenalkan seorang pembicara dalam forum resmi. Pembicaraan disini bertugas sebagai pembicara atau narasumber.

1. Kalimat berikut yang tepat digunakan untuk memperkenalkan seorang pembicara dalam forum diskusi ialah ......
a. Saudara-saudara peserta diskusi yang saya hormati. Kita sering tidak menyadari bahwa boros energi sebenarnya tidak hanya boros uang, tetapi juga mengancam sumber daya energi itu sendiri. Hal itu pernah dikatakan oleh Dr. Marsudi Anhar yang akan menjadi narasumber kita ...
b. Saudara-saudara yang saya hormati. Diskusi kita kali ini akan membahas tentang upaya menghemat energi listrik di tengah krisis ekonomi. Masalah tersbut akan dibahas lebih lanjut seorang seorang narasumber yang saat ini telah hadir di forum ini, yaitu Dr. Marsudi Anhar ...
c. Saudara-saudara peserta diskusi yang terhormat, Dr. Marsudi Anhar telah lama berkecimpung di bidang pelistrikan. Tidak salah apabila beliau kita undang sebagai narasumber dalam diskusi kita kali ini. Jika ada yang belum jelas, silahkan bertanta sepuasnya ...
d. Saudara-saudara peserta diskusi yang terhormat. Kita sudah lama mendengar nama Dr. Marsudi Anhar sebagai pakar energi listrik. Oleh sebab itu, kita sangat beruntung bahwa dalam forum diskusi kali ini beliau berkenan hadir. Marilah kita simak perkenalan beliau..
e. Saudara-saudara peserta diskusi yang terhormat. Dr. Marsudi Anhar sudah lama dikenal sebagai seorang pakar energi listrik. Beliau sekarang sudah berada di tengah-tengah kita. Mau atau tidak, kita harus berkenalan dengan beliau. Sungguh sayang, jika kesempatan langka ini disia-siakan ...

2. Kita perlu mengucapkan terima kasih yang sebanyak-banyaknya kepada Bapak Dr. Marsudi Anhar atas kehadirannya dalam diskusi ini.
Kalimat yang tepat digunakan untuk memperbaiki kalimat di atas adalah ......
a. Bapak Dr. Marsudi Anhar yang telah berkenan hadir dalam forum diskusi ini layak kita berikan ucapan terima kasih.
b. Atas nama panitia, kami mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Dr. Marsudi Anhar yang telah berkenan hadir dalam forum diskusi ini.
c. Sebagai orang Timur, kita perlu berteima kasih kepada Bapak Dr. Marsudi Anhar yang telah berkenan hadir dalam diskusi ini.
d. Kami mengucapkan terima kasih kepada Dr. Marsudi Anhar yang telah berkenan hadir dalam forum diskusi ini.
e. Ceramah Dr. Marsudi Anhar sangat bermanfaat bagi kita. Oleh sebab itu, kita pantas mengucapkan terima kepada beliau.

2 komentar:

Anonim mengatakan...

tQ .

Anonim mengatakan...

<3 te amo! Guenos diaz!