Selasa, Mei 26, 2009

MEMBACA CEPAT

BAB 3

MEMBACA CEPAT

1. Teknik Membaca cepat

Dengan keterampilan membaca cepat, anda bisa memperoleh banyak informasi dalam waktu singkat. Membaca cepat bisa mengurangi waktu belajar. Mempermudah membaca saat ulangan, dan memungkinkan anda menikmati lebih banyak novel dan buku cerita.
Namun demikian, tak ada gunanya membaca cepat kalau anda tidak dapat mengingat apa yang telah anda baca. Hal yang diperlukan ialah kecepatan membaca bertambah, tetapi pemahaman terhadap isi bacaan tetap bagus. Teknik membaca cepat akan dijelaskan dibawah ini:

1. mengurangi Regresi
Regresi adalah kebiasaan selalu kembali ke belakang untuk melihat kata atau beberapa kata yang baru dibaca. Kebiasaan semacam ini bisa menjadi hambatan serius dalam membaca. Oleh sebab itu, kurangilah regresi jika kamu ingin membaca secara cepat. Keinginan untuk melakukan regresi bisa terjadi karena kurang percaya diri, merasa kurang tepat tangkap arti, atau merasa salah ketika membaca sesuatu.


2. Menghilangkan Kebiasaan Membaca Bersuara
Membaca bersuara sangat memperlambat kecepatan membaca karena anda harus mengucapkan kata demi kata dengan lengkap. Membaca dengan menggumam juga termasuk membaca dengan bersuara. Oleh karena itu, hindari membaca dengan bersuara.

3. meningkatkan Konsentrasi
Membaca cepat membutuhkan koordinasi atau kerjasama antara otak dan mata. Seringan apapun bacaan yang anda baca, konsentrasi mutlak diperlukan. Jika selama membaca pikiranmu berada di tempat lain, melamun, atau memikirkan hal lain, sulit bagi anda untuk memahami isi bacaan.

Cara menghitung Kecepatan membaca :
KM = K/Wm K = Jumlah membaca
Wm = Lama waktu membaca (menit)
Untuk menghitung jumlah kata dalam bacaan, hitung jumlah kata dalam lima baris dahulu, lalu bagi lima. Hasilnya merupakan jumlah rata-rata per baris dalam bacaan itu. Kemudian, hitung jumlah baris yang kamu baca, kalikan dengan jumlah rat-rat perbaris. Hasilnya merupakan jumlah kata dalam bacaan Misalnya :
Jumlah kata per baris rata-rata = 11
Jumlah baris yang anda baca = 60
Jumlah kata yang Anda baca: 11 X 60 = 660 kata
Jika Anda membaca sebuah teks yang terdiri atas 300 kata dalam tempo 1,5 menit. Kecepatan membaca Anda adalah:




1. Membaca Teks Nonsastra

Membaca cepat teks nonsastra dengan kecepatan (250 kata/menit), yaitu untuk menemukan ide pokok paragraf, menjawab pertanyaan tentang teks, dan membuat ringkasan isi teks.
Membaca cepat dengan kecepatan 250 kata/menit bisa Anda lakukan dengan baik apabila Anda bisa menghilangkan kebiasaan-kebiasaan buruk berikut:
a. Menggerakkan bibir untuk melafalkan kata yang dibaca.
b. Menggerakkan kepala dari kiri ke kanan.
c. Menggunakan jari atau benda lain untuk menunjuk kata demi kata.
d. Vokalisasi (membaca dengan bersuara)
e. Regresi (kebiasaan selalu kebali ke belakang untuk melihat kata yang baru dibaca).
f. Subvokalisasi (melafalkan dalam batin/pikiran kata-kata yang dibaca).
Aktivitas membaca melibatkan konsentrasi mata dan otak.. mata melihat, sedangkan otak menafsirkan makna bacaan saat itu juga. Oleh sebab itu, lebarkan jangkauan mata agar mampu nmenangkap jumlah kata yang memiliki satu kandungan makna dalam satu perhentian.

1. Kesejahteraan hidup sangat didambakan oleh setiap orang. Bahkan kesejahteraan dijadikan tujuan hidup. Kesejahteraan yang dimaksud di sini adalah kesejahteraan jasmani dan rohani. Apabila rohani sejahtera, tetapi jasmani tidak, rohani tersebut akan terganggu. Demikian pula sebaliknya, apabila jasmani terpenuhi, sedangkan rohani tidak sehat, akan hilang rasa kemanusiaan kita. Kesejahteraan jasmani dan rohani harus seimbang.
Paragraf di atas tergolong paragraf ......
a. induktif
b. deduktif
c. pembuka
d. penutup
e. sebab-akibat

Ada juga orang yang menyempatkan diri meneliti dampak dari bendungan-bendungan yang dibangun di sepanjang aliran sungai. Majalah Sicence melaporkan bahwa para peneliti dari Universitas Unca, Swedia, telah menemukan perubahan habitat di sepanjang pinggiran sungai tempat pembuangan bendungan.
Perubahan pertama adalah pada jenis ikannya. Bendungan bisa menghalangi ikan-ikan tertentu yang melintas bebas, atau membuat mereka bisa lewat tetapi tidak mampu kembali lagi. Akhirnya, ada jenis-jenis ikan yang terancam – dan sudah – punah. Diantaranya jenis-jenis ikan salmon – semacam badar – yang biasa mengikuti aliran sungai. Jenis yang bisa bertahan tidak lebih dari separo.
Yang lebih mengherankan adalah bahwa ternyata bendungan juga mempengaruhi tumbuh-tidaknya jenis-jenis tanaman di kiri kanan sungai. Selama 70 tahun pembangunan bendungan di Swedia, jenis tumbuhan yang punah mencapai 15 persen. Perubahan ini sudah “selesai” pada tahun 30 tahun pertama.
Lalu apakah tidak perlu dibangun bendungan? Barangkali yang perlu ditinjau adalah konstruksinya. Di beberapa negara ada proyek pengubahan bentuk bendungan demi menyelamatkan jenis-jenis ikan tertentu yang tidak mungkin lagi bisa bertahan dengan bentuk bendungan yang lama.

2. Judul yang tepat untuk bacaan di atas adalah ......
a. Manfaat Bendungan bagi Lingkungan
b. Akibat Bendungan di Sepanjang Aliran Sungai
c. Pembangunan Bendungan di Swedia
d. Pengaruh Bendungan bagi Jenis-Jenis Ikan
e. Pengaruh Bendungan bagi Tumbuh-Tumbuhan
3. Berdasarkan teknik penyajiannya bacaan di atas berbentuk karangan ......
a. narasi
b. deskripsi
c. eksposisi
d. argumentasi
e. persuasi
4. Pernyataan-pernyataan berikut yang sesuai dengan yang dikemukakan dalam bacaan di atas, kecuali ......
a. Bendungan dapat menyebabkan beberapa jenis ikan terancam punah.
b. Bendungan dapat mempengaruhi jenis-jenis tanaman di sekitar sungai.
c. Bendungan bentuk lama perlu diubah berdasarkan kostruksinya.
d. Pengaruh lingkungan dari bendungan-bendungan terdapat di sepanjang pinggiran sungai.
e. Perubahan habitat terjadi di sepanjang hulu sungai tempat pembangunan bendungan.
5. Pikiran utama paragraf dalam bacaan di atas adalah ......
a. Ada juga orang yang menyempatkan diri meneliti dampak lingkungan.
b. Dampak bendungan terhadap lingkungan.
c. Dampak bendungan-bendungan yang dibangun di sepanjang aliran sungai.
d. Perubahan habitat sepanjang pinggiran sungai.
e. Perubahan habitat sepanjang pinggiran sungai tempat pembangunan bendungan.
6. Bacaan di atas membicarakan yang tersebut di bawah ini, kecuali ......
a. Dampak bendungan terhadap lingkungan.
b. Perubahan habitat di sepanjang hulu sungai.
c. Bendungan dapat menghalangi ikan-iakn tertentu melintas bebas.
d. Pengaruh bendungan terhadap jenis-jenis tanaman di kiri-kanan sungai.
e. Di beberapa negara telah dilakukan proyek perubahan bentuk bendungan.
7. Penelitian dan pengembangan Eco-materials relatif sangat aktual, ditandai dengan baru dilaksanakannya 4 konferensi internasional sejauh ini. Satu hal yang bisa membuka peluang bagi negara lain untuk mengejar perkembangan teknologi ini. Ada 3 bidang atau kelompok eco-materials yang gencar diteliti dan dikembangkan, yaitu bidang atau kelompok material konsumer, material komoditas, dan material transmisi energi dan transportasi.
Ide pokok paragraf di atas, yaitu ......
a. Penelitian dan pengembang eco-materials relatif sangat aktual.
b. Sejauh ini baru dilaksanakan 4 konferensi internasional.
c. Kita memiliki peluang untuk mengejar perkembangan teknologi negara lain.
d. Ada 3 bidang eco-materials yang gencar diteliti dan dikembangkan.
e. Bidang konsumer, material komoditas, dan material transmisi energi.
8. Pernyataan berikut yang tidak sesuai dengan isi paragraf pada butir soal nomor 38 ialah ......
a. Penelitian dan pengembangan eco-materials relatif sangat kuat.
b. Sejauh ini baru dilaksanakannya 4 konferensi internasional.
c. Penelitian dan pengembangan sangat bermanfaat bagi ilmu pengetahuan.
d. Ada 3 bidang eco-materials yang gencar diteliti dan dikembangkan.
e. Ketika memiliki peluang untuk mengejark perkembangan teknologi dari teknologi negara lain.
9. Langkah pertama dalam membuat ringkasan adalah ......
a. Melirik teks yang akan diringkas
b. Melihat teks yang akan diringkas
c. Membaca teks yang akan diringkas
d. Menyeleksi teks
e. Menulis teks

Tidak ada komentar: